Senin, 31 Desember 2007

INFO KESEHATAN


MENGOBATI INSOMNIA (SULIT TIDUR) DENGAN JAHE

"Sebenarnya jahe telah diimport dari rimur tengah berabat-abat yang lalu."


Hidup di kota-kota besar sangat rawan menyebabkan stress. Betapa tidak, dijalanan terjebak macet total, aksi kejahatan dimana-mana, harga sembako melambung tinggi sementara pendapatan urung meningkat sehingga tidak sesuai dengan pengeluaran. Itulah beberapa dari penyebab stress, apa mungkin anda merasakan salah satunya?


Stress merupakan salah satu penyebab insomnia (sulit tidur). Penyebab lain adalah kelelahan, bertambahnya usia, perubahan pola hidup dan segala gejala dari adannya penyakit lain.


Jahe (zingiber officinnale rosc) bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi insomnia. PROF. HM HEMBING, menuliskan dalam penyembuhan dengan jahe pengobatan alamiah untuk mengetasi insomnia sebagai berikut.


Sediakan jahe sebanyak 5 gr, ditambah 30gr irisan gula merah secukupnya, lalu direbus dengan 400cc air hingga tersisa 200cc lalu disaring airnya lalu diminum.


Bisa juga dengan mencampurkan jahe 10gr ditambah 15gr kie cie dan empat siung bawang merah, 100gr tauge serta sebatang daun seledri yang telah diiris-iris, 2 siung bawang putih dan garam serta kecap sacukupnya. Kesemua bahan di atas lalu ditumis dengan minyak non kolesterol ditambah tepung tapioka, tumis hingga matang.


Cara barikut adalah menambahkan 15gr jahe pada lima butir angso
(dibuang bijinya) 10 gr biji teratai (yang direndam hingga lembut) lalu direbus dengan 500gr air hingga tersisa 200gr kemudian disaring. airnya diminum hangat-hangat, sementara ampas angso dan biji teratai dimakan.


Tumbuhan yang berasal dari asia tenggara ini telah dimanfaatkan sejak 1 masehi yang lalu di yunani. Seorang tabib yang bernama DIASCORIDES menuliskan manfaatnya. Sebelumnya jahe telah diimport dari timur tengah berabat-abat silam. dan pada abat pertengahan eropa telah memanfaatkan jahe sabagai bumbu masak maupun jamu dan obat.


Begitu berharganya rempah dari dulu hingga pada abad pertengahan pernah terjadi, harga setengah kilogram jahe sama dengan harga seekor kambing. sebuah penelitian di london membuktikan bahwa 1 gr bubuk jahe dapat mencegah mual dan muntah setelah operasi. sementara itu suatu penelitian di DENMARK menghasilkan bahwa 1gr bubuk jahe yang diminum saat maduk lebih efektif dari pada plasebo.


Berasal dari bahasa arab zanzabil, kata zingiber berarti "tanduk" karena rimpang jahe berbentuk seperti tanduk/cila. Jahe merupakan tumbuhan berakar tunggal seperti halnya kunyit dan lengkuas.

Tidak ada komentar: