Senin, 31 Desember 2007

INFO IBU DAN ANAK


TIPS MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK

Untuk mengembangkan kreativitas anak-anak, yang dibutuhkan bukan hanya nasihat-nasihat saja, tapi juga upaya-upaya nyata. Berikut ini beberapa diantaranya, seperti yang dikemukakan oleh Prof Dr KOMARUDIN HIDAYAT.


  • Biarkanlah gagasan anak berkembang melalui pandangan, sikap hidup, politik, moral, agama dan sebagainya lewat pertemuan-pertemuan ilmiah/non ilmiah dan membaca buku-buku penulis bermutu.

  • Berikan hadiah yang merangsang ia untuk maju, misalnya hadiah semacam buku-buku kreativitas, alat-alat permainan/teknologi keterampilan, acara pertunjukan semacam kesenian, drama.

  • ajak anak berkenalan dengan orang-orang kreatif, inovatif, berprestasi dan berdiskusi tentang apa saja dalam suasana yang bebas.

  • berikan pengalaman berpetualang dengan alam atau dengan kawan-kwannya.

  • kembangkan fantasi anak tentang segala sesuatu yang sebenarnya bisa lewat kemungkinan dari jalan yang lain.

  • latih sikap positif anak dengan pengalaman dan pengetahuan sesuatu dari sudut positif dan negatifnya.

Demikianlah beberapa cara mengembangkan kreativitas anak sebagai calon inovator bangsa pada masa datang. Kadang kreativitas memang terasa radikal, tapi sesekali kita butuh pikiran radikal, sebab seperti kata FILSUF LOUIS PASTEUR "NASIB SELALU MEMIHAK KEPADA PIKIRAN YANG SELALU SIAP SIAGA!", dan itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berpikiran dan berjiwa kreatif. Mari kita didik anak-anak kita berpikir dan berjiwa kreatif sedini mungkin.

Tidak ada komentar: