Sabtu, 02 Juli 2011

Membuka UsahaToko Buku/ATK

Selama sepuluh bulan saya merasakan bagaimana membuka sebuah usaha toko alat tulis kantor, sekolah dan peralatan listrik. kini saya merasakan bahwa sesungguhnya usaha real itu patokannya adalah modal. Barang2 yang saya jual termasuk dalam kelas slow moved. Artinya barang yang laku atau perputarannya lama. Oke sekarang sebagai contoh, berapa lama seseorang yang membeli sebuah pulpen, lalu digunakan dan tintanya habis. Paling cepat dua minggu, itupun juga kalau pulpen itu sering-sering dipakai.



lantas, bagaimana cara mengakalinya agar banyak pembeli yang datang dan toko kita tidak begitu sepi? ya jalan satu2nya adalah melengkapi barang dagangan kita, kalau bisa fokus, misalkan di bidang alat tulis.
Dari A - Z, ATK itu lebih dari 3000 item, belum merk. Kita tahu bahwa merk joyko punya berbagaimacam varian dan jenis, belum faber castel, steadler, kenko dll...

Semakin lengkap barang dagangan kita semakin menariklah minat pengunjung untuk datang dan membeli. Karena imej dari toko kita lengkap, dan orang tahu itu beredar dari mulut-kemulut.

Bagaimana menentukan harga?
Awas hati2 bagi teman2 yang ingin memulai usaha baru di bidang ini. Jangan keburu emosi dengan memberikan harga semurah mungkin. Ada baiknya kita melakukan riset dan survei di berbagai toko buku, dan fotokopi besar. Kita teliti berapa berapa perbandingan harga dari masing2 toko. Nah dari survei itu kita bisa menetapkan harga sedikit ingat sedikit saja lebih rendah, bisa 5.00; atau 1.000; jangan terlalu rendah. Karena ingat walau barang dagangan kita sangat lengkap, item2 itu tetap masuk ke dalam barang slow moving. Jadi bedakan antara barang yang fast moving dengan slow moving.

Barang fast moving contohnya seperti, sembako: beras, telur, minyak goreng, terigu, dll
so bagi teman2 yang berniat buka usaha jangan sungkan2 bertanya. Sebelum saya buka toko buku dan atk ini juga saya belajar sama seorang pebisnis usaha fotokopi yang letaknya tak jauh dari toko saya. Kami tetaplah mitra dia adalah guru saya, saya sering berkonsultasi, sharing dengannya. Karena dia sudah lebih dari 15 tahun berkecimpung di bisnis ini.

CDS





Tidak ada komentar: